Bali Tolak Reklamasi, Gerakan Bali Merdeka dan Angka 98

Belakangan Polisi tengah memburu pemilik 2 akun twitter yang menyebarkan gerakan separatis di Bali, salah satunya tengah dilaporkan oleh team pengacara ForBali yaitu akun @banaspati2001 karena twit nya yang dinilai separatis. Dari sini polisi kemudian memburu akun @bali_merdeka yang memang terus mempropagandakan kemerdekaan Bali, ini adalah gerakan separatis yang bertujuan untuk memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dari sini saya sedikit melakukan penelusuran akun tersebut, ada beberapa poin penting yang saya temukan dari gerakan ini.

Awal Mula

Gerakan ini sebenarnya sudah ada sekitar tahun 2012. Dasar pendirian gerakan ini adalah karena kekecewaan “masyarakat Bali” atas penindasan mayoritas kepada minoritas Hindhu Bali yang berulang kali dilakukan oleh kaum mayoritas. Mulai dari pelecehan Umat Hindhu yang dilakukan oleh AM Saefudin pada tahun 1998, bom Bali 1 dan 2,  kerusuhan yang menargetkan warga Bali yang menelan korban di lampung, kerusuhan di sumbawa, dan peristiwa lainnya yang mereka klaim sebagai ketidakadilan terhadap Bali.

Tuntutan gerakan ini adalah pemberian otonomi khusus untuk Bali, atau kalau itu tidak dipenuhi, maka gerakan ini dan ada 5 pulau yang memiliki gerakan sejenis akan berjuang untuk memerdekakan diri dari Indonesia. Claim 5 pulau yang dikatakan mendukung gerakan ini bukanlah claim main – main, karena sebenarnya telah ada gerakan serupa yang terorganisir dan berjalan di 5 pulau tersebut.

Claim 5 pulau yang disebutkan oleh gerakan ini yang saya telusuri sebagai berikut:

  1. Sumatera
    Di sumatera terdapat 2 gerakan separatis serupa, antara lain Gerakan Aceh Merdeka (GAM) atau yang dikenal juga dengan Aceh Sumatra National Liberation Front (ASNLF) dan Gerakan Riau Merdeka.
  2. Papua
    Di Papua, semenjak dulu memang sudah ada gerakan separatis yang bernama Organisasi Papua Merdeka (OPM). Gerakan ini menuntut hal yang sama yaitu lepas dari NKRI
  3. Sulawesi
    Gerakan separatis yang ada di pulau ini dinamakan Gerakan Sulawesi Merdeka, tuntutannya sama yaitu memisahkan diri NKRI.
  4. Maluku
    Di Maluku gerakan separatis yang terkenal sejak dulu bernama Republik Maluku Selatan (RMS)
  5. Kalimantan
    Gerakan yang ada di Kalimantan bernama Gerakan Kalimantan Merdeka atau Gerakan Borneo Berdaulat.

Dasar pendirian sebagian besar dari gerakan ini adalah pembubaran NKRI dan hendak mendirikan negara baru dengan wilayah masing – masing. Kekecewaan yang timbul atas dasar kecemburuan sosial karena dominasi pulau Jawa atas Indonesia juga sebagian kecil yang mejadi dasar dari pendirian gerakan ini.

 Pergerakan dan Propaganda

Sebenarnya Gerakan Bali Merdeka (GBM) ini memiliki beberapa akun media sosial yang digunakan untuk mempropagandakan ketidakmampuan pemerintah pusat untuk menangani masalah – masalah sosial yang terjadi di Bali maupun terhadap warga Bali yang berada di luar Bali. Mereka memulai dengan twitter dengan nama akun @balimerdeka yang terhenti di tahun 2013, kemudian dilanjutkan dengan akun @bali_merdeka di tahun 2015.

Gerakan ini membangun facebook fan page di tahun 2013 dengan nama Gerakan Bali Merdeka yang hingga kini telah mencapai 7 ribu lebih likes. Facebook fan page ini sebenarnya telah mati di tahun 2013, mungkin karena minimnya dukungan, dan baru kemudian muncul kembali pada februari 2016 dengan langsung menyerang Mangku Pastika yang notabene adalah Gubernur Bali. Suara penolakan terhadap Reklamasi mulai di dengungkan oleh fan page ini pada bulan februari 2016.

Ada gap yang jauh sekali mulai dari pendiriannya hingga ke penolakannya terhadap reklamasi Teluk Benoa. Kalau kemudian gerakan ini dihubung – hubungkan dengan Gerakan Tolak Reklamasi, saya rasa ini menjadi sebuah kekeliruan yang sangat besar, Karena sejak awal pendirian gerakan ini bukanlah untuk menolak reklamasi, melainkan gerakan ini bertujuan untuk membubarkan NKRI. Dasar pendirian dari gerakan ini sudah sangat – sangat berbeda dengan Gerakan Tolak Reklamasi.

Dalam pandangan saya, Gerakan Bali Merdeka ikut menyuarakan penolakan terhadap reklamasi Teluk Benoa bertujuan untuk mempolitisir Gerakan Tolak Reklamasi untuk kemudian bisa menyerang pemerintah, sehingga propaganda yang memang dijalankan sejak awal oleh Gerakan Bali Merdeka ini yang bertujuan menyerang pemerintah bisa berjalan. Gerakan Bali Merdeka hanyalah penyusup yang menggunakan Gerakan Tolak Reklamasi sebagai kendaraan untuk menyuarakan propagandanya.

Gerakan Bali Merdeka sudah 2 kali mengadakan Petisi yang diunggah ke situs change.org, petisi pertama diunggah sekitar 4 tahun yang lalu, atau sekitar tahun 2012 yang isinya:

Serangan teroris dengan sasaran Pulau Bali dan Setelah kejadian di Lampung dimana warga Bali di antai dan rumah dibakar dan Pura dihancurkan, kini hal serupa terjadi di Sumbawa, serta pencurian Pratima yang banyak terjadi.

saatnya kami mengambil janji kami di aksi Damai yang sebelumnya, Kami siap untuk Merdeka dan keluar dari Indonesia….!!!
(https://www.change.org/p/pemerintah-indonesia-bali-merdeka)

Petisi ini hanya didukung oleh 21 orang, dari 100 orang yang hendak dicapai.

Petisi kedua juga dimulai 4 tahun yang lalu, atau sekitaran tahun 2012, yang berisi:

Wahai bpk presiden.. kmi kaum minoritas sllu tertekan & terjepit, mulai dari

teroris, bom bali, sampai pembantaian etnis dan kerusuhan yang menarget warga Bali di Lampung dan Sumbawa dan wilayah lainnya di Indonesia. Kpda siapa kmi mengadu klo bpk cma suka kunjungan k luar negeri…

Bpk presiden ku. Salahkah kalo nanti kami ganti rupiah dengan dolar, kami ganti burung garuda dngn ongkara, kami ganti pancasila dngan falsafah TRI KAYA PARISUDA.

Bpk presiden kami capek dengan semua ini.. ingin rasa ny kami menjadi bagian dari negara AMERIKA/ AUSTRALIA, krn kami rasa mrka lbh bsa menerima kami.

Bpk presiden, dlu kami bangga menjadi WNI tpi skrng sdh tdk lagi.
Trimakasih bpk presiden…
Krna ini mata kami mulai terbuka tentang arti sebuah TOLERANSI.
Jika memang Bali NUMPANG di indonesia?
Mengapa Bali masih menjadi tujuan wisata manca negara !
Jika memang Bali menyembah batu kata anda?
Mengaapa Bali selalu damai dan sejahtera !
Apa sebenarnya salah Bali?mengaapa anda bom Bali sampai 2 KALI.
Jika anda benci Bali,
Mengapa pada saat libburan anda pergi ke BALI,
Tapi,Tolong pikirkan,sudah benarkah anda?apa salah kami?
Saudara2 anda disini makmur,tapi kenapa sauddara2 kami disana di siksa?

Negara palestina berkonflik anda rela mati”an mndukung karena seiman,tapi dalam negerii anda tak hiraukan karena kami umat yg berbeda dan menjadi minoritas

Seandainya ada kesalahan individu mengapa skampung yg mnjadi korban,,dibali orang luar bali kami hormati mreka salah kami tidak menghakimi,,apakah dimata anda ini tanda mulainya SARA dibedakan???

BACA DAN DENGARKAN SUARA KAMI YG HANYA INGIN HIDUP DAMAI..!!!

Berikan Kami Otonomi Khusus atau Kami pulau Bali beserta 5 pulau lainnya akan bersatu untuk meMERDEKAkan diri dari Indonesia….
(https://www.change.org/p/kami-warga-hindu-bali-menuntut-bali-otonomi-khusus-atau-merdeka)

Petisi ini hanya didukung oleh 14 orang dari 1000 orang yang diharapkan.

Orang Dibalik Gerakan

Saya masih belum bisa mengetahui dengan pasti siapa – siapa yang berada dibalik Gerakan Bali Merdeka ini, tapi dari hasil penelusuran yang saya lakukan, ada beberapa poin yang bisa dijadikan petunjuk.

gerakan-bali-merdeka gerakan-bali-merdeka2

Akun Twitter @bali_merdeka adalah akun bot atau akun yang menggunakan mesin, karena tidak ada komunikasi dua arah di dalamnya, yang ada hanya kalimat twit yang diulang – ulang. Berbeda dengan akun @balimerdeka yang di dalamnya ada banyak komunikasi dengan beberapa orang, termasuk ke akun – akun yang menjadi jurkam ketika pilgub lalu.

Kalau teman – teman memperhatikan screenshot diatas, disana ada tercantum angka 98. Angka 98 adalah angka yang sangat sering dimuat dalam pemberitaan tentang kriminalisasi aktivis Penolak Reklamasi, entah ini sebuah kebetulan atau memang ada hubungan satu sama lain, tapi kalaupun ini adalah sebuah kebetulan, tentunya menjadi sebuah kebetulan yang sangat – sangat luar biasa.

Dalam pandangan saya, Gerakan Bali Merdeka adalah gerakan separatis yang bertujuan untuk memecah belah NKRI, gerakan ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan Gerakan Bali Tolak Reklamasi. Jadi kalau ada yang mencoba menghubung – hubungkan kedua gerakan ini, saya rasa ada motif politik tertentu didalamnya.

Ahhh… nyiup kopi malu jak roko katih…

Please follow and like us:

14 COMMENTS

  1. Maaf gan sya jujur orang bali itu ramah tapi kalo baliruhaga itu beda gan mereka sedikit arogan dan tidak membaur selalu menggangu suku laiinnya seperti suku jawa dan sunda ….maka itu konflik itu semua nyerang bali ? Karena kesel dan geram sama kelakuaan mereka
    Bali dulu suka membakar kampung jawa dan sunda maka itu mereka dendam kesumat

  2. Tapi gw jujur orang bali itu sulit berbaur dan selalu menggangu kampung orang ….dan kalo mereka membela diri malah di bunuh wajar kejadian baliruhaga terjadi
    Banyak etnis yg lain ikut bantu sepeerti jawa dan sunda karena mreka sama2 geram dengan kelakuaan mreka
    Jawa dan sunda dendam gara2 rumah mereka di bakar bali dan merusak acara di kamlung mereka dan berbuat onar….akhir ya pas terjadi kejadian tersebut ikut membantu

    Gw jujur orang baliruhaga beda dgn bali di pulau bali yg baik dan ramah …mereka ini sulit berbaur dan mementingkan ego dan arogansi ….
    Maka ya semua suku kesel dan muak…
    Bahkan orang bali di lamlung tengah pun kesel sama kelakuan orang bali ruhaga kata nya : baliruhaga itu itdak punya sikap menghargai adat istiadat orang dan tidak sopan dan saling menghargai meyayangi

LEAVE A REPLY

eleven − three =