Tuntutan Keadilan Sebagai Pembelaan Terakhir, Rizieq Sudah Tersudut

TOTAL : 804 ( TODAY : 1)

Baru – baru ini beredar video pidato dari Rizieq Shihab yang seolah – olah menantang Kapolri dan jajarannya untuk memproses semua kasus yang akan dilaporkan oleh pihak Rizieq. Untuk yang belum melihat videonya, bisa disaksikan di tautan berikut: https://youtu.be/8M7SRCYKT9w

Jika kita saksikan bersama, dalam video tersebut di klaim ada sekitar 25 kasus yang hendak dilaporkan oleh Rizieq Shihab, tapi hanya diungkap ada 4 yang akan dilaporkan.

Satu hal yang menarik dari isi video tersebut adalah, berulang kali Rizieq Shihab menyebutkan laporan dan proses hukum terhadap Ulama GNPF MUI dan Umat Islam, padahal, pada kenyataannya yang tersangkut laporan dan sedang diproses oleh pihak Kepolisian baru 2 orang yaitu Rizieq Shihab dan Munarman, yang notabene adalah petinggi dari FPI.

Dari sini sudah terlihat jelas kalau FPI sendiri sudah kewalahan atau tidak sanggup untuk melayani semua pelaporan tersebut, oleh karena itu mereka seolah – olah menjadi korban ketidakadilan dan meyangkutkan diri pada organisasi yang lebih besar yaitu GNPF MUI, bahkan menyangkutkan diri pada Umat Islam yang kita tahu banyak yang berseberangan dengan FPI.

Berkali – kali juga pihak kepolisian di media mengatakan bahwa yang dilaporkan adalah Rizieq Shihab dari FPI dan Munarman dari FPI, kalimatnya jelas, dan nama organisasi yang disebut juga jelas, FPI. Bukan organisasi lain seperti klaim Rizieq dalam video tersebut. Pidato Rizieq Sihab jelas sekali mencerminkan Ketakutan akan semua proses hukum yang sedang berlangsung. Rizieq jelas sekali terlihat sudah tersudut, tapi berusaha untuk seolah – olah garang seperti dalam video tersebut.

Dalam video tersebut disebutkan 4 kasus yang akan dilaporkan oleh Rizieq Shihab ke pihak kepolisian, diantaranya adalah:

  1. Pidato Megawati yang dikatakan sebagai menistakan Islam. Kita sudah tahu ujung dari semua ini yaitu permintaan mediasi oleh Rizieq kepada Megawati dimana sudah ditolak oleh pihak Megawati. Rizieq juga tidak jadi melaporkan Megawati atas tuduhan ini, entah karena ketakutan atau entah karena apa. Tapi begitulah Rizieq, saat didepan pengikutnya selalu menggebu – gebu, tapi ketika berhadapan dengan proses hukum selalu ciut dan mengakhiri dengan klaim kalau pihaknya terbuka untuk dialog dan mediasi.
  1. Palu arit di uang kertas baru Indonesia, dimana yang akan dilaporkan oleh Rizieq adalah Gubernur BI, Menteri Keuangan, Direktur Peruri, desainer gambar uang RI. Kita juga sudah tahu kalau Rizieq sendiri sedang di proses oleh Polri atas pidatonya yang menyebarkan fitnah terkait gambar palu arit di uang kertas ini.
  1. Laporan ke Propam atas Kapolda Metro Jaya yang dituduh melakukan adu domba masyarakat, menghasut masyarakat, memprovokasi masyakarat.
  1. Laporan ke Propam atas Kapolda Jabar yang dituduh menyebar luaskan fitnah, dan kita tahu juga kalau Rizieq Shihab sedang di Proses oleh Polda Jabar atas tuduhan pencemaran nama baik dan penghinaan terhadap simbol negara.

Dari semua isi pidato tersebut, saya menyimpulkan kalau ancaman pelaporan ini adalah pembelaan terakhir yang bisa dilakukan oleh Rizieq Shihab karena dirinya dan organisasinya sudah berada di titik nadir karena berurusan dengan pihak yang salah.

Menurut saya, keempat tuduhan yang dikatakan oleh Rizieq hanya ancaman semu belaka, karena keempat tuduhan tersebut menuduh tanpa dasar yang kuat. Tuduhan tersebut hanya akan menjadi bumerang terhadap semua proses yang sedang dia jalani, dan mungkin akan memperparah dampak pada organisasinya. Kalaupun Rizieq nekat melaporkan semua itu, kita akan lihat dampak yang lebih buruk yang akan terjadi terhadap FPI.

Seberapa keras-pun Rizieq berusaha untuk lepas dari jeratan hukum yang sedang berjalan, dia tidak akan bisa lepas kali ini. Yang bisa dia lakukan hanyalah menghormati semua proses hukum yang sedang berlangsung dan menjadi manusia yang bertanggung jawab atas apa yang sudah dia perbuat. Tuduh – menuduh, lapor – melapor hanya akan merugikan pihak FPI, kalau memang Rizieq merasa tidak bersalah, silahkan dibuktikan dalam proses pengadilan sehingga semua jadi terang benderang.

Ahhh… nyiup kopi malu jak roko katih…

Mari Berbagi :