Geng Motor MS13, Geng Kecil Dalam Geng Besar Lain?

TOTAL : 688 ( TODAY : 1)

Berbicara tentang geng motor di Bali, saya rasa tolak ukur yang kita gunakan berbeda dengan geng motor di daerah lain. Geng motor daerah lain melakukan tindakan kekerasan untuk merampas harta orang lain, atau yang istilah kerennya kita sebut sebagai begal, sedangkan geng motor di Bali, tidak menggunakan pendekatan itu. Menurut saya, mereka bukan geng motor, mereka adalah anggota geng yang kebetulan menggunakan motor, atau pelaku kriminal yang naik motor.

Kalau kita analisa kembali kejadian yang melibatkan geng motor MS13, semua korbannya tidak ada yang kehilangan harta benda, termasuk motor yang digunakan. Yang mereka lakukan adalah memalak, tingkah laku seperti ini pada umumnya melekat pada preman. Kalau pendekatan yang digunakan adalah pendekatan geng motor, saya rasa motor yang digunakan para korbannya pasti dirampas oleh pelaku.

Hampir semua kasus geng motor yang terjadi belakangan ini di Bali adalah kasus kekerasan dan penyerangan dengan senjata tajam, korbannya acak, dan kebanyakan adalah masyarakat biasa. Lokasi kejadiannya acak, bahkan pihak kepolisian kesulitan untuk memprediksi pergerakan mereka. Dari sisi ini, yang jadi pertanyaan saya adalah apa motif dibalik penyerangan tersebut.

Beberapa penyerangan memang menunjukkan ada latar belakang kekesalan atau kemarahan dibaliknya, kemarahan pada masalah yang sepele. Selain itu tidak ada latar belakang apa – apa, penyerangan dengan acak. Dari sini saya mencoba menyimpulkan motif yang ada di balik penyerangan yang mereka lakukan adalah penunjukkan eksistensi. Mereka ingin menunjukkan keberadaan mereka.

Melihat dari rata – rata umur pelaku, analisa saya menjadi semakin kuat, umur mereka adalah umur yang disebut sebagai masa labil, umur dimana mereka sedang gencarnya menunjukkan eksistensi, tanpa berpikir mengenai dampak dari kelakuan mereka.

Tapi begini, tindakan kekerasan yang mereka lakukan adalah tindakan yang sangat – sangat beresiko, bahkan mungkin mereka bisa kehilangan nyawa ketika salah sasaran. Sebuah penunjukkan eksistensi dengan kekerasan seperti ini pada umumnya dilakukan oleh organisasi mafia dalam proses perekrutan anggota mereka.

Belajar dari cara – cara yang dilakukan oleh banyak organisasi mafia kriminal di luar negeri, seharusnya kita mulai bertanya apakah mungkin maraknya aksi kriminal dan kekerasan yang terjadi di Bali adalah salah satu bentuk perekrutan  yang dilakukan oleh organisasi mafia di Bali. Kalau asumsi ini benar, berarti di Bali memang sedang ada organisasi yang merekrut anggota untuk kemudian digerakkan untuk melakukan tindakan kriminal.

Penelusuran ini hanya bisa dilakukan dengan mengamati lingkungan sekitar pergaulan dari pelaku kemudian menarik benang merah mereka kepada organisasi yang lebih besar. Upaya membuka tabir orang – orang dibalik pelaku kekerasan atas nama geng motor yang sudah meresahkan di Bali adalah upaya yang paling baik untuk meredam aksi yang mereka lakukan. Tanpa upaya ini, saya rasa akan sangat sulit meredam mereka, karena dalam asumsi saya, mereka hanyalah anak – anak yang sedang dalam masa perekrutan, tau tertangkap, maka akan ada orang lain yang bisa mereka rekrut.

Pada berita di jawapos (saya sertakan tautannya di akhir artikel ini), disana disebutkan bahwa pentolan dari geng motor MS13 adalah salah satu anggota geng motor lainnya yang bernama dongki. Pada beberapa teman yang sering bergaul di dunia jalanan, saya banyak mendengar nama dongki sebagai kelompok geng motor yang lumayan besar dan cukup dikenal sebagai geng motor yang juga kerap melakukan kekerasan.

Saya rasa pihak kepolisian atau pihak – pihak terkait seharusnya menelusuri kejadian ini kepada organisasi yang lebih besar yang menaungi mereka. Pembasmian geng motor pada tingkat bawah hanya akan mematikan anak buah mereka, tanpa penelusuran terhadap organsisasi yang lebih besar, saya rasa peristiwa ini akan terulang kembali karena otak dari semua ini belum tertangkap.

Ahhh… nyiup kopi malu jak roko katih….

 

Nb: saya sertakan link dari jawapos yang dimaksudkan dalam artikel ini.

http://radarbali.jawapos.com/read/2016/11/02/7857/dandim-sorot-pentolan-geng-motor-ms-13-kenapa/1

Mari Berbagi :