Gejala dan Delusi Komunis, Politik Pengalihan Isu

TOTAL : 688 ( TODAY : 1)

Ramai sekali pembicaraan dan diskusi tentang komunis atau yang sering diistilahkan dengan PKI untuk kebanyakan orang, padahal komunis dan PKI adalah 2 hal yang berbeda. Komunis adalah ideologi, sedangkan PKI adalah partai yang menganut ideologi komunis.

Partai Politik adalah organisasi politik yang menjalani ideologi tertentu atau dibentuk dengan tujuan khusus. Bisa juga di definisikan, perkumpulan orang yang seasas, sehaluan, setujuan di bidang politik. Dan PKI adalah partai yang menganut ideologi komunis.

PKI, partai yang telah lama dibubarkan dan dinyatakan sebagai organisasi terlarang, sesuai dengan TAP MPRS Nomor 25 Tahun 1966. Ini artinya PKI tidak akan pernah ada di bumi Indonesia, selama TAP MPRS tersebut masih ada.

Ideologi adalah pedoman hidup baik dalam berfikir ataupun bertindak dalam bidang tertentu, sedangkan dalam arti yang lebih luas, ideologi dalam kehidupan bernegara di definisikan sebagai nilai-nilai dasar Negara yang ingin di wujudkan melalui kehidupan bernegara.  Ideologi komunis adalah ideologi terlarang di Indonesia, sesuai dengan Pasal 107 Undang-Undang Nomor 27 Tahun 1999 tentang Perubahan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

Yang harus kita ingat sebagai dasar pemikiran adalah, membicarakan komunis itu membicarakan ideologi dan membicarakan PKI itu membicarakan partai atau organisasi yang menganut ideologi komunis. Jadi, yang kita bicarakan bukan baju, atau simbol, atau gambar – gambar abstrak yang seolah – olah mirip dengan lambang – lambang PKI dan komunis, melainkan hal yang lebih mendasar pada ide dan pemikiran, dan lebih besar lagi, pada dasar – dasar kehidupan bernegara kita.

Kita sering terjebak pada yang saya istilahkan sebagai teori konspirasi delusional, dimana kita banyak mempercayai hal – hal yang tidak masuk diakal, tapi melalui cerita dan teori konspirasi terasa seolah – olah menjadi nyata. Tidak ada yang lebih mudah untuk menjelaskan mengenai teori konspirasi delusional ini selain dengan merekomendasikan sebuah film yang berjudul a beautiful mind yang diperankan oleh Russell Crowe.

Tapi intinya begini, ketika ada orang umum seperti kita (bukan orang dengan jabatan dalam pemerintahan) sedang membicarakan sebuah rangkaian peristiwa yang katanya menjadi rahasia dan sering direncanakan diam – diam dan terselubung oleh pihak – pihak pemegang jabatan dan di bumbui dengan hal – hal yang diluar kenyataan yang sebenarnya, itulah yang dimaksudkan dengan teori konspirasi delusional. Cara pembuktiannya adalah dengan menanyakan kejelasan sumber informasi dan meminta pembuktian nyata dari informasi tersebut.

Isu komunis yang berkembang belakangan ini adalah salah satu bentuk teori konspirasi delusional, karena setelah saya telusuri, ada beberapa orang yang memang menyebarkan informasi yang tidak sesuai dengan kenyataan mengenai hal ini. ditambah lagi dengan bumbu – bumbu asing aseng dan yang lainnya. Belum lagi ada bumbu – bumbu informasi orang dalam istana yang seolah – olah membocorkan adanya rapat – rapat rahasia dan lain sebagainya yang kalau kita cerna dengan nalar sehat, tanpa bukti yang nyata.

Penyebaran isu ini sebenarnya telah terjadi sejak tahun 2014 lalu, yang diinisiasi oleh beberapa media hoax yang kemudian berkembang hingga sekarang ini.

Kalau kita cermati, belakangan ini justru semakin santer isu ini dihembuskan sebagai isu yang dianggap ampuh mengalihkan isu – isu lainnya, terutama tentang proses hukum yang sedang menjerat petinggi FPI saat ini. Tentu saja, sebagai pembentuk opini seolah – olah apa yang dikatakan oleh Rizieq Shihab tentang gambar palu arit pada uang RI benar adanya.

Kita hendaknya tidak mudah percaya dengan isu – isu tentang PKI dan komunis di negara ini, apalagi cerita – cerita delusional tentang rapat – rapat rahasia dan lain sebagainya. Logikanya, kalau itu adalah rapat rahasia, kok bisa ada yang tahu?

Ahhh… nyiup kopi malu jak roko katih…

Mari Berbagi :