Cabe dan Fenomena Geng Motor

402 total, 1 today

Seorang kawan data kerumah ketika malam minggu kemarin, dia sedang galau ketika sekarang ini kegiatan favoritnya memburu cabe di jalanan sudah mulai mengerikan karena dia harus bersaing dengan banyak geng motor yang berkeliaran secara berkelompok dan tidak kenal kompromi ketika bersinggungan dengan kelompok lain apalagi hanya pemain solo seperti dia. Dia mengeluhkan kondisi jalanan yang seperti melintasi jalan menuju kuburan, kalau dipaksakan lewat takut salah, ketika salah maka harus siap berhadapan dengan cara kekerasan dan ketika mencoba untuk tidak lewat, jalanan hanya satu untuk menuju kesana, saat mencoba bergabung pun ada resiko untuk kedatangan pak polisi yang kerap mengejar anggota geng motor ini.

Saya hanya diam sambil berfikir mendengarkan keluh kesah kawan saya ini. Dia kemudian bertanya, kenapa ya para cabe sekarang lebih memilih berkumpul dengan anggota geng motor, apa situasi ini nggak berbahaya untuk mereka? Apa mereka nggak takut untuk diperkosa rame – rame ketika bergaul dengan anggota geng motor yang kesannya terbilang ganas dan suka dengan kekerasan ini? Sejenak saya terdiam dan di kepala saya muncul analisis pemikiran yang entah karena bakat saya atau memang karena saya juga adalah pengamat cabe terselubung. Begini analisa – analisaannya.

Geng motor, seberapa ngeri pun namanya tetaplah hanya sekumpulan anak – anak yang suka bergerombol yang berani melakukan tindakan diluar batas hanya ketika mereka berkumpul atau istilah lainnya mereka adalah macan yang garang ketika berkumpul tapi helo kitty yang imut ketika sendiri. Disinilah letak keuntungan yang ditawarkan geng motor kepada para cabe. Untuk tetap eksis di dunia malam, cabe perlu perlindungan dari gangguan lelaki yang hendak mencelakai mereka atau untuk mengatasi dominasi cabe lain yang sudah lebih dulu beredar, motif persaingan dan keamanan berbicara disini, layaknya seorang penjual lalapan yang meminta perlindungan preman setempat.

Trik cara cabe memasuki anggota geng motor adalah dengan menjadikan salah satu anggota geng motor tersebut sebagai pacar. Semakin tinggi jabatan atau nilai kehormatan anggota tersebut maka semakin tinggi daya tariknya terhadap para cabe. Kalau pepatah mengatakan sambil menyelam minum air, maka cabe memainkan pribahasa ini disini, mereka dapat keuntungan gratis antar jemput dan kalau beruntung gratis makan dan minum sekaligus dapat perlindungan dari geng motor tersebut. Cabe juga manusia, mereka adalah perempuan lemah yang mencoba untuk menjadi kuat dengan menggunakan kekuatan lelaki.

Untuk dipahami bersama, perlindungan yang dimaksud disini bukan serta merta sebuah perlindungan berupa patroli seperti polisi atau yang sejenisnya, jenis perlindungan yang ditawarkan oleh keanggotaan pada satu geng motor lebih kepada bentuk solidaritas antar sesama anggota geng. Misalnya, ketika cabe melaporkan bahwa dia tengah di ganggu oleh seorang oknum kepada pacarnya, maka pacarnya yang anggota geng motor ini akan mengumpulkan seluruh anggota untuk dikerahkan untuk menghancurkan gangguan tersebut, kenapa harus mengumpulkan seluruh anggota, kembali lagi mereka hanya anak – anak yang sangar ketika bergerombol. Semakin besar anggota geng motornya maka semakin ditakuti karena potensi penghancuran yang ditimbulkan lebih besar.

Masih ingat dengan kasus klewang yang merupakan pimpinan geng motor terbesar di pekanbaru? Berapa cabe yang pernah hinggap kepada dia? Inilah fenomena yang sebenarnya terjadi karena ditilik dari segi fisik dan harta, klewang itu tidak ada kelebihan apa – apa selain dia adalah pimpinan geng motor terbesar di pekanbaru. Ketika cabe dekat dengan seorang ketua geng motor, tau sendirilah apa yang terjadi ketika ada gangguan yang datang, yang pasti sebuah kehancuran untuk yang menggangu.

Prestice atau kebanggaan sebagai pacar anggota geng motor ini bisa membawa cabe disegani dalam lingkungan pergaulannya, mereka cenderung ditakuti oleh yang lainnya karena seperti yang dijelaskan tadi, potensi kerusakan yang ditimbulkan bisa sangat besar. Ini juga yang menjadi titik tolak arogansi dari cabe untuk mengintimidasi orang lain yang tidak sepaham dengannya, ada banyak perlakuan kekerasan terhadap siswi yang dilakukan temannya sendiri yang saya duga adalah para cabe, karena di dalam setiap rekaman penyiksaan tersebut selalu ada suara laki – laki yang hanya melihat dan menurut analisis saya adalah anggota geng motor yang menjadi pacar cabe tadi.

Saran saya untuk pemburu cabe solo, silahkan hentikan kegiatan kalian karena selain tidak baik untuk kesehatan juga tidak baik untuk keselamatan. Sekali berburu cabe untuk saat ini bisa mengancam jiwa dan raga. Mending cari kehidupan yang lebih serius, cari pacar perempuan yang baik itu banyak, tinggal sekarang sanggup nggak untuk bisa ikut bersikap baik terhadap perempuan. Biarkanlah cabe berlalu dengan pilihannya masing – masing.

Ahhh… nyiup kopi malu jak roko katih…

Mari Berbagi :

LEAVE A REPLY

thirteen + five =